Jaringan Internet dan Contoh Penerapannya

Posted: March 23, 2015 in Uncategorized

jar

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Sejarah Jaringan Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana caranya dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Jenis-jenis Jaringan Internet

  1. PAN (Personal Area Network)

PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

  1. LAN (Lokal Area Network)

LAN adalah singkatan dari lokal area network. Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 – 50 kilo meter.

  1. WAN (Wide Area Network)

WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

Contoh Penerapan Jaringan Internet

  • Dalam bidang pendidikan.
    Contoh penerapan teknologi jaringan dalam bbiang pendidikan yang sangat umum adalah penerapan internet dalam media komunikasi, saling bertukar pendapat, dan sebagai sarana belajar siswa. Sungguh sangat berfmanfaat sekali. Dengan adanya teknologi seperti internet ini, para siswa bisa mencari sumber-sumber pembelajaran yang diperlukan untuk menunjang sumber pengetahuan mereka. Karena sudah sangat banyak sekali sumber pengetahuan informasi yang tersebar melalui internet. Bahkan di luar negeri seperti di Amerika sekarang ini, sudah terbiasa dan dibiasakan sekolah online dengan media internet. Dengan adanya media intnet, semakin memudahkan para siswa belajar dan berjumpa bertatap muka dengan guru atau dosen mereka dari manapun. Karena semua pembelajaran sudah dilakukan secara online. Dan itu saangat mudah sekali. Dengan banyak fitur serta kecanggihan teknologi jaringan ini ang disuguhkan pada kita, sehingga semakain mempermudah kita dalam mencari informasi.
  • Dalam bidang kesehatan.
    Sudah banyak diketahui penggunaan teknologi jaringan didunia kesehatan. Misal dengan diberikannya komputer disetiap ruangan di suatu instansi di kesahatn, dan daris setiap komputer tersebut, saling dihubungkan dengan menggunakan kabel, maka setiap orang diseluruh ruangan pada instansi tersebut akan aling mudah berkomunikasi serta menyampaikan kebutuhan mereka tanpa harus berjalan menuju ruangan lain. Sehingga semuanya bisa bejalan cepat dan instan.
  • Dalam bidang geologi dan geofisika
    Telah ditemukan alat untuk mendetesi gejala alam seperti gempa bumi dan badai. Alat tersebut sudah dirancang sedemikian rupa, yang mengadopsi dan terhubung kedalam jaringan internet juga. Yang memudahkan pakar-pakar geologi dan geofisika untuk memdahkan pekerjaan mereka. Dan mengetahui gejala awal yang akan ditimbulkan oleh alam.
  • Dalam ilmu teknik
    Banyak sekali diperguanakan ditemukan alat-alat yang baru dan lebih canggih untuk menunjang kebutuhan mereka. Seperti penggunaan komputer dan pemanfaat oftware yang dibuat oleh para cendikiawan sesuai biadang mereka. Bisa membuat suatu fisualisasi dari sesuatu yang mereka bayangkan dan akan mereka ciptakan.
  • Dalam bidang sosial
    Sekarang sudah tidak asing lagi, mengenai penggunaan jaringan internet pada telepon genggam. Hal ini merupakan suatu contoh penerapan teknologi jaringan yang sangat nyata. Sesorang bisa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan jarak yang sangat jauh dengan hanya menggunakan jaringan internet.

Referensi:

Jubilee Enterprise. 2012. Membuat Jaringan Internet Wireless Tanpa Bantuan Teknisi.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kurniawan, Harsono. 2010. Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

http://trishartanto.blogspot.com/2013/09/pengertian-jaringan-komputer-dan.html

http://fiveonichibi.blogspot.com/2010/12/contoh-penerapan-teknologi-jaringan-dan.html

Leave a comment